Leader Board

Selasa, 01 November 2011

Menangis Bisa Keluarkan Racun Dalam Tubuh

Saat menghadapi kondisi yang rumit, tidak jarang menangis menjadi pilihan untuk melampiaskan emosi. Tahukah Anda bahwa menangis juga memiliki banyak manfaat positif juga untuk kesehatan tubuh?

Seperti yang dikutip dari Beliefnet, ada lima manfaat yang bisa Anda dapatkan setelah menangis dan berair mata.

1. Membantu penglihatan
Air mata ternyata membantu penglihatan seseorang, jadi bukan hanya mata itu sendiri. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

2. Membunuh bakteri
Anda tidak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90 hingga 95 persen bakteri-bakteri yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.

3. Mengeluarkan racun
Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.

4. Mengurangi stres
Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.

5. Melegakan perasaan
Hampir semua orang pasti merasakan adanya kelegaan setelah menangis. Hal itu karena sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar.

Sumber : http://modelindo.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar