Leader Board

Rabu, 20 April 2011

Hilangkan Plak dengan Red Wine

Selain baik untuk kesehatan jantung, ternyata red wine terbukti dapat menjaga gigi tetap dalam keadaan sehat. Mencegah gigi berlubang dan juga menjaga nafas tetap segar. Bagaimana mungkin?
Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli mikrobiologi di University of Rochester Medical Center, New York.

“Di dalam mulut kita terkandung molekul yang terbentuk dari bakteri streptokokus mutan,” terang Hyun Koo, seorang ahli mikrobiologi di University of Rochester Medical Center di New York. “Bakteri ini memecah gula yang kita makan dan membuat glukan, molekul lengket yang melekat pada gigi. Selain itu bakteri ini juga memproduksi asam yang dapat mengikis email gigi dan membuatnya berlubang,” jelasnya kepada MyHealthNewsDaily.

Red wine yang diproduksi dari fermentasi anggur ternyata mengandung sejumlah polyphenol yang tinggi. Polyphenol ini dapat mengurangi kegiatan bakteri dalam memproduksi glukan dan membiarkan bakteri baik hidup di dalam mulut sementara bakteri jahat di nonaktifkan.

Ternyata tidak hanya pada red wine saja, penelitian yang dilakukan terhadap cranberry juga ditemukan sejumlah polyphenol dan juga bakteri baik yang bisa mengurangi peningkatan plak pada gigi.

Sumber :  modelindo.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar