Leader Board

Senin, 31 Oktober 2011

Kuatkan Tubuh, Jauhi Flu


Musim hujan telah tiba. Suhu udara yang bertambah lembab membuat tubuh lebih rentan terkena penyakit. Maka dari itu, kita mesti berusaha lebih keras untuk menjaga daya tahan tubuh agar selalu kuat. Apakah tindakan sehat yang selama ini telah dilakukan sudah cukup untuk melindungi tubuh dari incaran penyakit? Simak jawaban yang diutarakan para ahli berikut ini:


Kebiasaan sehat: Cuci tangan sesering mungkin.
Kata ahli: Cucilah tangan seperlunya. Misalnya, saat habis menggunakan toilet, sebelum makan, sesudah menjenguk teman yang sedang sakit, atau setelah memegang benda yang kotor. Yang tak boleh dilupakan juga, cucilah tangan setiap kita sampai di rumah seusai bepergian.

Kebiasaan sehat: Selalu cuci tangan dengan sabun.

Kata ahli: Cuci tangan dengan sabun minimal selama 20 detik. “Yang juga perlu diperhatikan adalah membiasakan diri untuk mengelap tangan sekering mungkin setelah dicuci agar kuman dan bakteri tidak menempel,” ujar Harley Rotbart, MD, ahli mikrobiologi dari University of Colorado, sekaligus pengarang buku Germ Proof Your Kids. Saat di toilet umum, sebaiknya keringkan tangan dengan tisu ketimbang hand-dryer.


Kebiasaan sehat: Menutup mulut saat bersin.
Kata ahli: Gunakan sapu tangan alih-alih tangan. Hal ini disarankan oleh William Schaffner, MD, profesor di bidang pengobatan dan pencegahan penyakit dari Vanderbilt University School of Medicine.

Kebiasaan sehat: Beristirahat total ketika sakit.
Kata ahli: Waktu istirahat yang cukup bukan hanya diperlukan saat sedang sakit, melainkan setiap hari. Ini adalah kunci untuk membuat sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit dapat berfungsi dengan baik. Para ahli juga menyarankan agar kita menyeimbangkan waktu istirahat yang cukup dengan berolahraga. Sebab, rajin berolahraga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan produksi sel darah putih, serta menurunkan risiko terkena penyakit flu hingga 50 persen.

Sumber : http://modelindo.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar